Gunung Niut Tertinggi West Borneo

December 26, 2017
Media Informasi - Gunung Niut mencapai ketinggian 1.701 mdpl menjadi summit tertinggi di Kalimantan Barat. Gunung niut terletak di Kabupaten Landak Desa Tengon Pelaik Kecamatan Ait Besar.


Rute Pendakian

Menuju summit Gunung Niut dapat melewati tiga jalur yaitu melewati Tamong, Sungkung Dawar, dan Balai Karangan. Jalur yang mudah dilalui melewati Sungkung Dawar (Desa Pisak), pendakian dimulai dari pondok Starting Poin menuju Pintu Rimba dan terus berlanjut pada Pos Sungai Tanggi.

Dari Pos Sungai Tanggi pendakian dilanjutkan menuju Pos 1.300. Untuk mencapai Pos 1.300 bukanlah hal yang mudah karena harus melewati tujuh tanjakan serta turunan yang bermedan sangat terjal, sehingga mengharuskan para pendaki mengantri untuk mendapatkan punggungan. Teknik scrambling banyak digunakan pada track tersebut, dan ketika menuju Summit sangat diperlukan webbing sebagai alat bantu. Akan tetapi banyak terdapat akar-akar pepohonan yang dapat membantu sebagai penyeimbang tubuh sambil menanjakkan kaki terus naik.

Bagi para pendaki yang belum mencoba gunung tertinggi West Borneo ini silahkan mencoba, dijamin tidak akan menyesal. SALAM LESTARI!!!

pict from; infopendaki.com

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Anonymous
AUTHOR
11 July 2020 at 08:28 delete

Mohon di check lagi apa benar "Gn. Niut summit tertinggi di Kalbar" ��

Reply
avatar