Gunung Rinjani Pulau Lombok

December 16, 2017
Media Informasi - Gunung rinjani berlokasikan di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani juga merupakan gunung tertinggi nomor 2 di Indonesia yang termasuk gunung berapi. Gunung Rinjani dengan titik tertinggi 3.726 m dpl, sangat mendominasi sebagian besar pemandangan Pulau Lombok bagian utara. 


Keindahan pemandangan dari gunung rinjani merupakan suatu favorit bagi para pendaki Indonesia. Gunung rinjani terletak pada lintang 8 drajat 25' LS dan 116 drajat 28' BT. Rumor dari Taman Nasional Gunung Rinjani dengan luas 41.330 ha akan di perluas menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Segara Anakan adalah tempat yang paling kerap dikinjungi oleh para pelancong gunung ini, yaitu sebuah sungai yang terletak pada ketinggian 2.000 m dpl. Mencapai lokasi Segara Anakan tersebut bisa melewati desa Senaru dan Sembalun Lawang.



Pada bulan Agustus angin kencang di gunung ini kerap terjadi. Rata - rata suhu udaranya sekitar 20 drajat C; terendah 12 drajat C. Di antara gunung - gunung Indonesia, Rinjanilah yang menyandang panorama alam paling bagus. Banyak dari Mahasiswa Pecinta Alam serta penduduk lokal yang mengunjunginya pada bula Juni hingga Agustus.

Pendakian Summit Gunung Rinjani adalah salah satu objek wisata yang menjadi andalan di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Gunung ini tergolong gunung vulkanik masih aktif nomor 2 tertinggi di Indonesia. Pendaki banyak memulai pendakian melalui rute Sembalun dan mengakhiri pendakian di Senaru, karena dengan melalui rute tersebut dapat memotong 700m ketinggian dari Rinjani.

Salah satu kelompok Pecinta Alam di pulau lombok yang bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani mengadakan kegiatan dengan tema "Tapak Rinjani" yang secara rutin dilaksanakan setiap tahun.

Jagalah alam ciptaan Tuhan yang sangat indah ini dan jangan lupa untuk menikmatinya. Karena dengan menikmati alam ciptaan Tuhan akan terasa jauh lebih nikmat dibanding menikmati Mall ciptaan manusia :) Semoga informasi singkat tersebut bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf dan terimakasih. SALAM LESTARI!!!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar