7 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

December 10, 2017
Salah satu penyebab kematian utama adalah penyakit jantung.

Penyebab kematian tertinggi pada semua umur setelah stroke di Indonesia ialah Penyakit Jantung Koroner (PJK) dengan hasil survei Sample Registration System (SRS) mendapat data mencapai 12,9 persen.

Data yang diperoleh berdasarkan umur, PJK paling banyak terjadi pada kelompok umur 65-74 tahun (3,6 %) diikuti kelompok umur 75 tahun ke atas (3,2 %), sedangkan kelompok umur 55-64 tahun (2,1 %) dan kelompok umur 35-44 tahun (1,33 %).



Dengan menerapkan gaya hidup sehat, anda bisa menghindari dan mencegah masalah jantung di masa depan.

Berikut adalah 7 tips menghindari penyakit jantung.
  •  Hindari Rokok  
Faktor risiko paling signifikan untuk mengembangkan penyakit jantung adalah rokok. Terdapat bahan kimia pada tembakau yang dapat merusak jantung dan pembuluh darah, juga menyebabkan penyempitan arteri akibat penumpukan plak (aterosklerosis) dan akhirnya dapat menyebabkan serangan jatung.

  • Berolahraga 30 menit dalam sehari
Melakukan olahraga ringan seperti berjalan dengan kecepatan tinggi sekitar 30 menit setiap harinya dalam 1 minggu. Berolahraga selama 10 menit setiap harinya juga cukup memberikan manfaat besar untuk kesehatan jantung, karena aktivitas fisik dapat membantu mengurangi kesempatan pengembangan kondisi lain yang dapat membuat tekanan terhadap jantung.

  • Mengkonsumsi makanan yang baik
Melindungi jantung juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan sehat yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, seperti diet kaya buah dan sayuran serta biji - bijian. Hindari banyak mengkonsumsi garam dan gula dalam makanan, penting juga untuk menjaga lemak tertentu yang anda makan.

  • Menjaga berat badan yang sehat
Menghitung indeks massa tubuh (BMI) adalah salah satu cara melihat berat badan yang ideal. Kelebihan berat badan juga dapat meningkatkan peluang penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi serta kolesterol tinggi dan diabetes. Hal tersebut menentukan apakah anda memiliki lemak tubuh sehat atau tidak sehat.


  • Tidur yang cukup serta berkualitas
Tidur yang kurang mencukupi membuat anda akan menguap sepanjang hari, hal tersebut juga tidak baik untuk kesehatan. Bagi orang yang kurang cukup tidurnya memiliki risiko obesitas lebih tinggi, tekanan darah tinggi, serangan jantung, diabetes, serta depresi. Untuk orang dewasa tidur yang mencukupi sekitar 7 - 9 jam setiap malam. Saat bangun pagi tanpa alarm serta badan terasa segar adalah penanda tidur anda telah mencukupi.

  • Mengelola rasa stres 
Mengkonsumsi minuman keras, merokok, dan makan berlebihan adalah salah satu hal yang dilakukan banyak orang saat mengalami stres. Sebenarnya banyak hal yang dapat dilakukan saat merasa stres seperti beribadah dan berserah diri kepada tuhan, mencari hiburan dengan piknik atau sebagainya, berolahraga, serta melakukan hoby masing - masing yang membuat pikiran tenang dan rileks.

  • Melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur
Anda dapat mengetahui perkembangan kesehatan yang di alami dalam tubuh dengan pemeriksaan kesehatan, untuk melihat apa saja yang kurang baik dalam tubuh anda. Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dapat merusak jantung serta pembuluh darah anda, tanpa melakukan pemeriksaan kesehatan anda tidak akan dapat mengetahui hal - hal tersebut. 

Berikut adalah tips - tips menjaga jantung agara tetap sehat, Semoga bermanfaat kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih. SALAM HIDUP SEHAT!!! 
 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »